- Model-model pembelajaran matematika :
- STAD (Students Team Achievement Division)
Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode atau pendekatan dalam pembelajaran kooperatif yang sederhana dan baik untuk guru yang baru mulai menggunakan pendekatan kooperatif dalam kelas, STAD juga merupakan suatu metode pembelajaran kooperatif yang efektif.
- JIGSAW
Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw semua anggota kelompok diberi tugas dan tanggungjawab, baik individu maupun kelompok. Jadi, keunggulan pada pembelajaran kooperatif Jigsaw yaitu seluruh anggota dalam kelompok harus bekerja sesuai dengan tugas yang diberikan, sebab tugas itu ada yang merupakan tanggung jawab individu dan ada pula tanggung jawab kelompok.
- TGT (Teams Game Tournamets)
Secara umum TGT sama saja dengan STAD kecuali satu hal : TGT menggunakan turnamen akademik, dan menggunakan kuis-kuis dan sistem skor kemajuan individu, dimana para siswa berlomba sebagai wakil tim mereka dengan anggota tim yang lain yang kinerja akademik sebelumnya setara seperti mereka. TGT sangat sering digunakan dan dikombinasikan dengan STAD, dengan menambahkanturnamen tertentu pada struktur STAD yang biasanya.
- Klasikal
Pembelajaran klasikal cenderung digunakan oleh guru apabila dalam proses belajarnya lebih banyak bentuk penyajian materi dari guru. Penyajian lebih menekankan untuk menjelaskan sesuatu materi yang belum diketahui atau dipahami oleh siswa. Alternative metodenya cenderung dengan metode ceramah dan Tanya jawab bervariasi atau metode lain yang memungkinkan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran.
- Langkah-langkah Model Pembelajaran
- STAD (Students Team Achievement Division)
- Guru menyampaikan materi
- Siswa membetuk kelompok untuk menyelesakan masalah
- Menyerahkan/mempresentasikan hasil kerja kelompok
- Memberi tes/kuis
- Memberikan penghargaan kelompok
- JIGSAW
- Siswa membaca topik ahli dan menetapkan anggota ahli untuk topik tertentu.
- Diskusi grup ahli: Siswa dengan topik ahli yang sama bertemu untuk mendiskusikannya dalam kelompok ahli.
- Laporan kelompok: Siswa ahli kembali ke kelompoknya masing-masing untuk menjelaskan topik yang didiskusikannya kepada anggota kelompoknya
- Tes:Siswa mengerjakan kuis individual yang mencakup semua topik.
- Penghargaan kelompok
- TGT (Teams Game Tournaments)
- Mengajar: Guru menyampaikan materi
- Belajar kelompok: siswa belajar dengan menggunakan lembar kerja dalam kelompok untuk menguasai materi.
- Turnamen: siswa memainkan pertandingan akademik dalam regu yang berkemampuan homogen, masing-masing meja turnamen berisi 3 anggota.
- Penghargaan kelompok: skor kelompok dihitung berdasarkan skor anggota kelompok turnamen, dan kelompok baru diakui bila dapat melampaui kriteria minimal.
- Klasikal
- Guru menjelaskan definisi
- Membuktikan rumus
- Memberi contoh
- Memberi soal latihan
- Fungsi atensi: menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran
- Fungsi afektif : dapat menggugah emosi dan sikap siswa
- Fungsi Kognitif : mempercepat pencapaian tujuan pembelajaran untuk meningkatkan dan memahami pesan atau informasi dalam gambar atau lambang visual.
- Fungsi kompensatoris : memberikan konteks kepada siswa yang kemampuannya lemah dalam mengorganisasikan dan mengingat kembali informasi dalam teks.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar